Cara Mematikan Garis Merah Bergelembong di Bawah Kata Pada Form Input

Cara Mematikan Garis Merah Bergelembong di Bawah Kata Pada Form Input

Cara Mematikan Garis Merah Kriting di Bawah Kata Pada Form Input - Mungkin sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang sering menggunakan aplikasi office seperti MS. Word, Open Office, WPS dan aplikasi office lainnya melihat terkadang ada beberapa teks atau kata yang di bawahnya terdapat garis merah bergelombang.

Garis merah yang terdapat di bawah kata tersebut bukan menandakan bahwa ada yang salah dengan office yang sobat pakai, melainkan itu merupakan tanda yang diberikan oleh aplikasi office tersebut jika ada kata yang tidak sesuai dengan ejaan yang benar. Secara default ejaan yang akan diperiksa adalah ejaan untuk kata dalam bahasa inggris.

Apa itu Spellcheck?

Spellcheck merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk memeriksa jika terdapat kesalahan ejaan atau tidak pada sebuah tulisan. Jika salah terdapat ejaan yang salah maka kata tersebut akan ditandai dengan garis merah bergelombang di bawahnya.

Fitur ini sebenarnya memiliki fungsi yang sangat bagus karena akan mempermudah seseorang dalam menulis sehingga kata yang dituliskan sesuai dengan ejaan yang benar sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Akan tetapi banyak orang juga yang tidak membutuhkan fitur ini dan  risih dengan penampakan garis merah di bawah kata yang dia ketikkan dengan berbagai macam alasan. Nah saya termasuk dalam golongan orang yang risih dengan fitur tersebut :)

Selain pada aplikasi office pengejekan ejaan atau spellcheck juga biasanya tampil pada form-form input pada suatu halaman website. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara menghilangkan atau menonaktifkan fitur spellcheck pada form input di halaman website. Sedangkan untuk menonaktifkan spellcheck pada aplikasi office mungkin saya akan buatkan tutorial terpisah.

Cara Menonaktifkan Spellcheck pada Form Input

Untuk menonaktifkannya cukup mudah yakni dengan menambahkan attribut spellcheck di dalam element input. Berikut format penulisan kodenya.

spellcheck = "value"

Keterangan : Untuk value atau nilai dari attribut spellcheck ada 2 yakni bernilai false atau true.

  • false : untuk menonaktifkan spellcheck
  • true : untuk mengaktifkan spellcheck

Contoh penerapannya dalam kode program adalah sebagai berikut.

<input type = "text" spellchek = "false">

Secara default spellchek pada form input adalah bernilai "true".

Bagaimana? Cukup mudahkan caranya. Silahkan sobat coba terapkan pada form input yang ingin sobat nonaktifkan spellchek nya pada blog atau website yang sobat punya.