Mengetahui Reserved word Pada Bahasa Pemrograman C

Apa itu Reserved Word?

Reserverd word dalam bahasa pemrograman merupakan kata-kata spesifik yang tidak bisa digunakan sebagai identifier atau pengenal, misalnya sebagai nama variabel, fungsi dan library. Karena kata-kata spesifik tersebut telah digunakan oleh bahasa pemrograman. Reserve word dalam bahasa pemrograman sering juga disebut sebagai keyword.

Jadi dari pengertian reserved word di atas dapat kita ambil point pentingnya yakni reserverd word tidak bisa digunakan oleh programmer untuk dijadikannya sebagai nama variabel, nama fungsi, nama library, nama label dll. Karena kata-kata tersebut akan digunakan oleh compiler untuk keperluan pemrograman.

Reserved Word Pada Bahasa C

Pada bahasa pemrograman C memiliki 32 kata reserved word yang dapat dilihat pada tabel berikut

Standar Keyword
auto break case char
const continue default do
duoble else enum extern
float for goto if
integer long register return
short signed sizeof static
struct switch typedef union
usigned void volatile while

Contoh:

Kita akan membuat sebuah program dengan nama variabel dengan menggunakan nama return, yang tentunya program akan mengalami error.

#include <stdio.h>

int main() {     int return = 0;     char if = 'Percabangan';
}

Ketika progam dijalankan akan menghasilkan error

Error yang dihasilkan adalah seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah

Demikian postingan tentang reserved word pada bahasa pemrograman C semoga mudah dipahami. Dan jangan lupa untuk memberi dukungan ke penulis agar semangat upload artikel setiap harinya dengan cara mentraktir kopi di trakteer.id atau dengan cara menshare postingan ini.