Cara Menjalankan Xampp Melalui CMD

Cara Menjalankan Xampp Melalui CMD – Jika pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang apa sih itu Xampp dan apa fungsinya. Maka pada kesempatan kali ini saya akan share ke sobat dari ilmu yang saya dapat dari salah satu mata kuliah saya yakni Desain Database yang mana pada mata kuliah tersebut kami menggunakan software Xammp.

Proses Install Xampp Pada Komputer

Cara install dan menjalankan software Xampp sendiri amat mudah sobat dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Install software Xampp di PC atau di laptop sobat, Jika belum punya software Xampp-nya download dari situs resminya apachefriends.org
  2. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Kemudian buka Xampp tersebut maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
  1. Klik Tombol Start pada ‘Apache’ dan ‘MySql’.
  2. Kemudian sobat buka Command prompt dengan cara mengetikkannya di pencarian atau dengan cara tekan tombol Win + R Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini dan kemudian ketikkan cmd
Cara Menjalankan Xampp Melalui CMD

Dan akan muncul tampilan Command Prompt seperti di bawah ini.

  1. Ketikkan cd c:/xampp/mysql/bin » mysql –u root –p
  2. Jika tidak menggunakan password langsung tekan Enter saja. Akan tetapi jika menggunakan password silahkan masukkan password mysql yang dimiliki.
Secara default password mysql pada XAMPP itu tidak ada alias kosong.

Jika belum jelas pada point 5 dan 6 silahkan lihat gambar di bawah ini.

Mudah-mudahan dngan postingan dengan judul Cara menjalankan Applikasi Xampp pada CMD dapat bermanfaat. Dan jika ada yang mengalami error pada saat installasi silahkan tanyakan pada kolom komentar dan kalo bisa disertakan dengan screenshoot errornya.