Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Basis Data atau Database


Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Basis Data atau Database – Mungkin kita sering mendengar istilah Database atau basis data, akan tetapi sebagian besar belum tentu menegetahui pengertian atau definisi basis data baik itu dari segi bahasa maupun istilah. Maka pada kesempatan kali ini saya akan coba membahasnya sesuai dengan ilmu yang saya miliki inysaAllah ta’ala.

Ada beberapa hal yang akan saya bahas mengenai basis data atau databases mulai dari definisi, istilah-istilah dalam database dan program atau software apa saja yang digunakan dalam database.

Definisi Database

Basis data dari segi bahasa terdiri dari 2 kata yakni basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang yaitu tempat bersarang/berkumpul. Sedangkan Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Adapun dari segi istilah basis data atau data base memiliki banyak definisi diantaranya adalah sebagai berikut.

Basis data merupakan himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.

Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.

Istilah-istilah Dalam Database

  • Table
    Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
  • Field
    Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
  • Record
    Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.
  • Key
    Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
  • SQL
    SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

Software untuk Membuat Database

Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :

DB2 -http://www-306.ibm.com/software/data/db2/
Microsoft SQL Server - http://www.microsoft.com/sql/
Oracle - http://www.oracle.com
Sybase - http://www.sybase.com/
Interbase - http://www.borland.com/interbase
Teradata - http://www.teradata.com/
Firebird - http://www.firebirdsql.org/
MySQL – http://www.mysql.com
PostgreSQL - http://www.postgresql.org/

Demikian artikel tentang “Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Basis Data atau Database” semoga dapat bermanfaat dan Anda jadikan sebagai referensi untuk anda belajar. Dan jangan lupa di like & di Share yach...!!!!

Referensi: Modul 1 Desain Database, Dosen pembimbing Moch. Hannats (untuk gelar beliau ana lupa, maaf pak ya hehehe).