Cara Melakukan Perkalian Super Cepat

Sediit intermezo ya sobat, semenjak admin blog ini yaitu saya sendiri menginjak bangku sekolah dasar saya amat senang dengan yang namanya pelajaran matematika hingga sampai sekarang alasannya sih yang pertama matematika itu ilmu pasti yang gak neko-neko seperti pelajaran lainnya misalnya saja 1+1=2 tidak ada jawaban lain akan tetapi pelajaran lainnya menggunakan pendapat orang lain yang tidak dapat diukur kebenarannya.

Jadi dengan ilmu yang saya miliki dalam hal ilmu matematika saya akan coba share ke teman-teman baik yang memiliki hoby yang sama dengan saya maupun yang sekedar ingin tahu tentang ilmu matematika. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu teknik dalam berhitung super cepat yaitu operasi perkalian.

Operasi perkalian biasaya dilambangkan dengan tanda X atau bisa juga titik(.) seseorang biasanya melakukan operasi perkalian dengan menggunakan kalkulator atau dengan cara perkalian susun yang kerap membingungkan siswa akan tetapi kita akan mencoba menggunakan sebuah rumus yang simple agar para siswa tidak terlalu dipusingkan dengan operasi perkalian yang selama ini telah diajarkan oleh para guru di sekolah.

Untuk melakukan perkalian dengan cepat maka kita menggunakan rumus di bawah ini. Dalam hal ini hanya dapat diterapkan pada bilangan puluhan dengan satuan-satuannya berjumlah 10.

Puluhan1 x (Puluhan2+1) kemudian digabungkan dengan Satuan1 x Satuan2
Contoh:

23 x 27 = …

Diketahui:

Puluhan1 = 2

Puluhan2= 2

Satuan1 = 3

Satuan2 =7

Dan satuan1+Satuan2 = 3+7 = 10 (memenuhi syarat rumus di atas yakni jumlah satuannya berjumlah 10)

Penyelsaian:

2 x (2 + 1) digabung dengan 3 x 7
2 x 3 digabung dengan 21
6 digabung dengan 21
621

Jadi hasil perkalian 23 x 27 hasilnya adalah 621

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan atau share ke sobat kali ini selamat mencoba dan selamat belajar dan tunggu artikel berikutnya ya.