Tutorial Pemrograman C #01: Pengenalan Bahasa C

Tutorial Pemrograman C #01 Pengenalan Bahasa C

Sudah ada beberapa artikel yang saya posting di blog ini terkait dengan label atau kategori bahasa C. Akan tetapi artikel yang saya posting hanya sebatas berbagi source code dari program yang pernah saya buat. Dan hanya ada beberapa artikel saja yang membahas program C yang di dalamnya terdapat pembahasan materi atau permasalahan program C secara khusus.

Terinspirasi blog programming lainnya yang mana membahas setiap bahasa pemrograman secara tersusun mulai dari hal-hal dasar sampai ke pembahasan yang lebih mendalam. Sehingga pengunjung yang benar-benar ingin belajar bahasa pemrograman bisa mengikuti dengan baik.

Sejarah Bahasa C

Bahasa C merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemgrograman komputer. Bahasa C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972. Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL (Basic Combine Programming  Language yang dikembangkan sejak tahun 1967. Kemudian pada tahun 1970, Ken Thompson mengembangkan bahasa B. Dan dua tahun berikutnya Dennis Ritchie membuat bahasa C yang digunakan untuk sistem operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Pada tahun 1983, ANSI (American National Standards Institute) membentuk suatu komite yang diberi nama Committee X3J11 yang kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C

Karakteristik Bahasa C

Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik sendiri yang bisa membedakan dengan bahasa pemrograman lainnya. Untuk bahasa C sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Digolongkan bahasa tingkat menengah
  • Lebih sulit dari bahasa Pascal dan Basic yang termasuk bahasa tinggi
  • Mengkombinasikan bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Tujuannya adalah untuk mengambil kelebihan dari masing-masing tingkat bahasa.
- Bahasa tingkat tinggi memiliki kelebihan yakni lebih mudah penulisannya.
- Bahsa tingkat rendah memiliki kelebihan yakni lebih cepat eksekusinya.

Tidak ada yang sempurna” kata-kata ini menggambar bahwa setiap yang ada di dunia tidak ada yang sempurna. Hal ini juga berlaku untuk bahasa C. Sebagai bahasa pemrograman tentunya bahasa C memiliki kelebihan dan kelemahan. Apa saja kelebihan dan kelemahannya? Simak uraiannya di bawah ini.

Kelebihan Bahasa C

  • Tersedia hampir di semua jenis komputer.
  • Kodenya bersifat protable artinya dapat digunakan antar komputer dengan sedikit perubahan.
  • Struktur bahasanya baik, sehingga mudah dipelajari dan dipahami jika dibandingkan dengan bahasa mesin.
  • Dapat memanipulasi bit dan alamat pointer

Kelemahan Bahasa C

  • Operator terlalu banyak serta fleksibilitas penulisan kadang membingungkan pengguna.
  • Meskipun memiliki kemampuan memanipulasi pointer akan tetapi pada umumnya programmer pemula tidak terbiasa menggunakan pointer.

Mungkin untuk pengenalan bahasa C sementara cukupkan sampai biar penjelasannya tidak terlalu panjang pada postingan ini. Dan akan saya lanjutkan pada postingan berikutnya.

Untuk kelanjutan postingan silahkan dibaca disini Tutorial Program C #2: Pengenalan Bahasa C

Referensi:
  • Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/C_(bahasa_pemrograman)
  • PPT dari matakuliah Pemrograman Terstruktur dengan nama filenya 01 Pengenalan Bahasa C.ppt