Cara Menampilkan Komentar di Halaman Static Pada Template Median UI v1.5 dan v1.6

Cara Menampilkan Komentar di Halaman Statis Pada Template Median UI Versi 1.5 dan 1.6

Cara Menampilkan Komentar di Halaman Statis Pada Template Median UI Versi 1.5 dan 1.6 – Berhubung pada blog ini menggunakan template Median UI, maka untuk beberapa postingan kedepannya akan membahas tentang permasalahan seputar template tersebut. Dimulai membahas bugs pada template sampai mengedit tampilan di template median UI seperti mengatur ukuran element, merubah warna background, icon, dan masih banyak lainnya.

Kita akan mulai dari permasalahan pertama yang saya temui pada template Median UI yakni tidak adanya kolom komentar pada halaman static blog. Berhubung ada beberapa page atau halaman saya buat butuh menampilkan kolom komentar seperti halaman Out of Topic, about maka mau tidak mau saya harus mencari tahu cara menampilkan komentar pada halaman tersebut.

Cara pertama yang saya gunakan adalah melalui pengaturan halaman yakni pada menu Option dengan cara memilih Allow (Izinkan) pada Reader Comments. Akan tetapi cara ini tidak berhasil.

Setelah cara di atas tidak berhasil, saya coba dengan cara mengoprek template tersebut dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga permasalahnya, ternyata sesuai dengan perkiraan saya sebelumnya yakni masalahnya terletak pada tag kondisional yang diterapkan pada kolom komentar tersebut yang mana hanya mengizinkan kolom komentar tampil hanya pada halaman post saja.

Karena permasalahananya hanya pada tag kondisional jadi cara memperbaiki juga tidak terlalu susah hanya perlu menambahkan atau merubah tag kondisional yang sudah ada dengan tag kondisional baru.

Cara Menampilkan Kolom Komentar Pada Halaman Static Median UI

Bagi sobat yang kebetulan saat ini sedang menggunakan template median ui dan menginginkan agar kolom komentar tampil pada halaman static blognya silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

  1. Pada menu Theme » Customise pilih Edit HTML
  2. Cari kode seperti di bawah ini. Agar lebih mudah sobat fokuskan pencarian dengan kode seperti ini <!--[ Blogger Comments ]-->

Untuk template Median UI v1.5 cari kode seperti ini

<!--[ Median UI v1.5 ]-->
<b:tag class='blogComments' cond='data:post.allowComments and data:view.isPost and !data:view.isPreview' id='comment' name='div'>
<!--[ Blogger Comments ]--> 
    <b:include cond='data:post.allowComments and data:view.isPost and !data:view.isPreview' data='post' name='threadedComments-modifV3'/>
</b:tag>

Sedangkan untuk template Median UI v1.6 cari kode seperti di bawah ini

<!--[ Median UI v1.6 ]-->
<b:tag class='pCmnts' cond='data:post.allowComments and data:view.isPost and !data:view.isPreview' id='comment' name='div'>
<!--[ Blogger Comments ]-->
    <b:include cond='data:post.allowComments and data:view.isPost and !data:view.isPreview' data='post'
  name='threadedComments-modifV3'/>
</b:tag>
  1. Ganti kode data:view.isPost dengan kode di bawah ini
data:view.isSingleItem
  1. Terakhir simpan template

Kolom Komentar Pada Halaman Static

Jika berhasil maka pada halaman static yang sobat miliki akan nampak seperti halaman OOT yang saya miliki.

Demikian tutorial menampilkan kolom komentar pada template Median UI. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mendukung penulis dengan cara mentraktir kopi di trakteer.di atau dengan cara menshare postingan ini.