Cara Print File PDF 2 Halaman dalam 1 Lembar Kertas

Cara Print File PDF 2 Halaman dalam 1 Lembar Kertas

Jika memiliki dokumen yang ingin dicetak dengan halaman yang banyak, maka kertas dan jumlah tinta yang digunakan juga akan banyak. Hal ini tentu berdampak pada biaya percetakan yang akan semakin mahal.

Untuk mengatasi hal di atas salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mencetak 2 halaman atau lebih dalam satu kertas. 

Dengan menggunakan cara di atas memang dapat mengurangi biaya pencetakan akan tetapi mencetak dengan cara di atas juga memiliki kekurangan yakni tulisan atau gambar yang dicetak menjadi lebih kecil dari ukuran normalnya. Sehingga kemungkinan akan sulit untuk dilihat dan dibaca.

Cara Print File PDF 2 Halaman dalam 1 Lembar Kertas

Untuk mencetak 2 halaman atau lebih dalam 1 kertas pada file atau dikumen dengan format PDF dapat dilakukan dengan cara di bawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan sobat buka file pdf yang akan sobat cetak. Saya sarankan untuk menggunakan browser bawaan windows untuk membukanya yakni Microsoft Edge. Kemudian klik icon print seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Atau dengan menggunakan shortcut Ctrl + P pada keyboard.
  1. Pada jendela print silahkan cari menu More Settings.
  1. Kemudian pada opsi Pages per sheet pilih jumlah halaman yang ingin dicetak dalam satu kertas. Misalnya jika ingin mencetak 2 halaman dalam satu kertas maka sobat tinggal memilih angka 2. Maka pada halaman print preview sobat dapat melihat terlebih dahulu seperti apa jika 2 halaman digabung dalam 1 kertas.
  1. Dan yang terakhir tinggal klik tombol Print untuk memulai mencetak dokumen pdf.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk mendukung penulis mentraktir kopi  melalui trakteer.id atau dengan cara membagikan postingan ini. Terima kasih.