Cara Cepat Merapikan Baris dan Kolom Tabel Pada Microsoft Excel

Cara Cepat Merapikan Tabel Pada Microsoft Excel

Cara Cepat Merapikan Baris dan Kolom Tabel Pada Microsoft Excel – Pada postingan kali ini kita akan membahas lagi mengenai tips dan trik Microsoft Excel yakni bagaimana cara merapikan tabel yang berantakan dengan cepat. Karena dalam bebera kasus mungkin kita pernah melihat sebuah tabel yang isinya terpotong atau tak terlihat lantaran ukuran kolom pada tabel tersebut berukuran kecil.

Biasanya untuk merapikan tabel dapat dilakukan secara manual dengan cara menggeser garis pada masing-masing kolom atau field. Jika kolom pada tabel hanya berjumlah sedikit, maka cara tersebut masih mungkin bisa digunakan. Akan tetapi beda lagi ceritanya jika kolom yang dimiliki pada tabel berjumlah banyak misalnya ada 100 kolom atau lebih maka tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merapikannya.

Cara Cepat Merapikan Tabel Pada Microsoft Excel

Sebenarnya ada banyak cara untuk merapikan kolom dan baris pada tabel di Ms. Excel dan salah satu cara yang saya rasa cukup mudah dan cepat untuk dilakukan adalah menggunakan Hotkey. Bagi yang belum tahu hotkey merupakan pintasan tombol yang fungsinya untuk mempercepat penggunaan fitur. Contoh hotkey yang umum kita gunakan adalah Ctrl + A untuk memblock teks dan gambar, Ctrl + C untuk melakukan perintah copy, Ctrl + V untuk melakukan perintah paste dan masih banyak lainnya. Biasanya beberapa orang menyebut istilah hotkey ini dengan sebutan yang lain yakni Shortcut.

Berikut ini beberapa shortcut atau hotkey yang sobat dapat gunakan untuk merapikan tabel dengan cepat pada Ms.Excel.

  1. Block semua cell pada tabel atau dengan cara menekan Ctrl + A pada keyboard.
    Ctrl + A
  2. Kemudian untuk merapikannya tekan kombinasi tombol Alt + A + O + C pada keyboard.
    Alt + A + O + C

Tabel sebelum dirapikan.

Tabel setelah dirapikan. 

Maka akan tampak nama yang sebelumnya hanya tampil sebagian, sekarang bisa tampil secara penuh setelah dirapikan. Untuk lebih jelasnya sobat dapat menonton tutorial singkatnya di bawah ini.

Semoga tips kali ini bermanfaat. Tunggu tips dan trik Microsoft Excel yang menarik lainnya.