Cara Menghapus Paksa Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Cara Menghapus Paksa Aplikasi Bawaan Windows 10/11 – Ketika telah selesai melakukan setup pertama kalinya pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10/11 maka kita akan mendapati ada beberapa aplikasi bawaan Windows 11 yang juga ikut terinstall pada laptop yang kita gunakan, seperti Maps, Calculator, Feedback hub, Your Phone dll. Aplikasi bawaan ini biasa kita kenal dengan istilah Bloatware.

Diantara aplikasi bawaan Windows 11 tersebut ada beberapa aplikasi yang memiliki opsi untuk di uninstall atau dihapus jika sekiranya aplikasi tersebut tidak kita butuhkan. Akan tetapi ada juga aplikasi bawaan windows 10/11 tersebut tidak dapat di uninstall atau dihapus dan membutuhkan cara khusus untuk menghapusnya. Salah satu contohnya yakni aplikasi Phone Link.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Untuk menghapus atau menguninstall aplikasi bawaan Windows 10/11 caranya cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama  buka  Windows PowerShell dan pilih Run as administrator
  1. Tampilkan daftar aplikasi yang terinstall dengan cara mengetikkan perintah di bawah ini Get-AppxPackage | Select Name kemudian tekan enter. Maka akan ditampilkan nama package dari aplikasi bawaan Windows maupun aplikasi yang berasal dari Microsoft Store.
  2. Silahkan copy nama package dari aplikasi yang akan dihapus. Misalnya kita akan menghapus aplikasi Phone Link. Untuk aplikasi Phone Link memiliki nama package Microsoft.YourPhone
  1. Kemudian ketikkan perintah berikut ini Get-AppxPackage NamaPackage | Remove-AppxPackage. Silahkan ganti tulisan yang berwarna merah dengan nama package dari aplikasi yang akan dihapus. Kemudian tekan enter.
  2. Akan muncul notifikasi jika aplikasi berhasil dihapus seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.
Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Windows 10 / 11

Video Tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Jika artikel di atas masih kurang jelas atau sulit dipahami silahkan sobat tonton video tutorialnya di bawah ini.

Demikian tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11 semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini agar orang lain yang sedang mengalami masalah ini juga bisa ikut terbantu.