Tutorial Pemrograman C #04 Jenis-Jenis Operator Pada Bahasa C

Tutorial Pemrograman C #04 Jenis-Jenis Operator Pada Bahasa C

Masih dalam pembahasan pemrograman C, sekarang kita masuk ke materi dasar yang ke-4 yakni mempelajari macam-macam operator yang ada pada bahasa C.

Pengertian Operator

Operator merupakan simbol atau karakter yang digunakan dalam program untuk melakukan suatu ekspresi atau memanipulasi seperti menjumlahkan, memberikan nilai ke suatu variabel, membandingkan nilai dan lain sebagainya. Ekspresi sendiri merupakan gabungan antara variabel-variabel, literal-literal operator yang mengevaluasi suatu nilai baik berupa numerik, string ataupun nilai logik. [1]

Jenis-jenis Operator Pada Bahasa C

1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika dan  menghasilkan nilai berupa number (angka).

Baca selengkapnya : Tutorial Pemrograman C #05: Operator Aritmatika Pada Bahasa C

2. Operator Increment dan Decrement

Operator Increment dan decrement merupakan operator yang paling sering digunakan ketika melakukan proses perulangan atau looping. Operator Increment sendiri digunakan untuk menjumlahkan variabel sebanyak 1 angka, sedangkan operator decrement digunakan untuk mengurangi variabel sebanyak 1 angka.

Baca selengkapnya : Toturial Pemrograman C #06: Operator Increment dan Decrement Pada Bahasa C

3. Operator Kurung Buka Tutup ()

Operator ini digunakan untuk mengelompokkan yang akan dievaluasi bersama. Kalau dilihat dari tabel prioritas operator maka operator buka tutup menempati prioritas pertama, sehingga operator lain yang berada dalam operator buka tutup harus diproses terlebih dahulu dibangdingkan dengan operator yang berada di luar operator buka tutup.

Baca selengkapnya : Pemrograman C #07: Operator Kurung Buka Tutup

4. Operator Logika

Operator logika adalah operator yang digunakan untuk menbandingkan 2 kondisi logika yakni logika yang bernilai benar (TRUE) dan logika yang bernilai salah (FALSE). Operator logika paling sering digunakan untuk kondisi IF (percabangan) atau digunakan untuk meneruskan atau menghentikan proses looping pada FOR.

Baca selengkapnya :Tutorial Pemrograman C #08: Operator Logika Pada Bahasa C

5. Operator Relasi

Operator relasi atau kesetaraan adalah operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah operand. Operator relational ditempatkan untuk membandingkan dua ekspresi, yang kemudian akan menentukan benar atau tidaknya hasil operasi tersebut. Misalnya, untuk menentukan apakah suatu variable memiliki nilai lebih besar atau lebih besar dari sama dengan. dan Hasil operasi tersebut akan bernilai benar (True) atau salah (False). [2]

Operator relasi terbagi menjadi 4 macam operator. Penjelasan dan contohnya ada link di bawah ini.

Baca selengkapnya : Tutorial Pemrograman C #09: Operator Relasi Pada Bahasa C

6. Operator Bitwise

Operator bitwise adalah operasi yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai dalam bilangan biner. Cara kerja operator bitwise yakni dengan cara mengubah operand yang merupakan bilangan desimal dikonversi ke bilangan biner. Kemudian bilangan biner tersebut diproses sesuai dengan aturan dari operator bitwise. Hasil dari proses operator bitwise masih berupa bilangan biner di dikonversi kembali ke bilangan desimal.

Baca selengkapnya : Tutorial Pemrograman C #10: Operator Bitwise Pada Bahasa C

7. Operator Koma

Operator koma adalah operator pada bahasa C yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa ekspresi yang pemrosesannya akan dimulai dari kiri ke kanan. 

Untuk aturan penulisan operator koma dan contohnya, sobat bisa baca lanjutannya di link di bawah ini.

Baca selengkapnya : Tutorial Pemrograman C #11: Operator Koma Pada Bahasa C

8. Operator Assignment

Operator assignment adalah operator yang tugasnya untuk memberikan nilai yang ditugaskan. Salah satu contoh operator assignment yang sering kita gunakan adalah tanda sama dengan (=). Tanda sama dengan sering juga dikenal dengan operator assignment sederhana. Kemudian operator assigment juga bisa ditambahkan operator lainnya yakni semua operator yang telah disebutkan di atas kecuali operator kurung buka tutup. 

Untuk maksud penambahan operator lainnya pada operator assignment bisa dibaca melalui link di bawah ini.

Baca selengkapnya : Tutorial Pemrograman C #12: Operator Assigment Pada Bahasa C

Untuk masing-masing operator telah saya sediakan link untuk membaca lebih detail tentang operator tersebut. Hal ini saya lakukan artikel pada postingan ini tidak terlalu panjang dan juga karena saya rasa setiap operator butuh pembahasan khusus agar bisa dipahami dengan lebih baik.

Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan jangan lupa dukung penulis dengan cara mentraktir kopi di trakteer.id atau dengan cara share postingan ini. Terimakasih :)